gigi berlubang

Dokter Gigi | Bagi para pencinta makanan, menyantap sebuah makanan yang baru disajikan dan menyeruput minuman yang dingin bisa jadi kepuasan tersendiri karena rasanya yang nikmat. Berbagai makanan, termasuk juga yang bercita rasa manis dan asam, serta minuman bersoda tentu tak luput dari sasaran.

makanan-manis

Dokter Gigi | Penyebab Gigi Sensitif

Tapi tahukah kamu? Kebiasaan ini yang membuat kamu rentan mengalami gigi sensitif, lho! Apalagi jika kamu lalai dalam merawat kesehatan gigi dan mulut secara rutin. Lambat laun lapisan enamel atau email pada gigi dapat terkikis sedikit demi sedikit, sehingga gigi menjadi sensitif dan rentan terasa ngilu.

Selain makanan yang terlalu panas atau dingin, terdapat beberapa faktor yang juga dapat menyebabkan gigi sensitive kepada kita, yaitu:
• Menyikat gigi terlalu kuat dan keras, penggunaan sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar, dan kebiasaan menggeretakkan gigi pada saat tidur.
• Penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol atau melakukan prosedur pemutihan pada gigi.
• Sering muntah, contohnya karena penyakit refluks asam lambung (GERD), gangguan pengosongan lambung (gastroparesis), dan serta bulimia.

Ibu Hamil dapat Mengalami Gigi Sensitif

Masalah gigi sensitif juga bisa dialami oleh ibu hamil akibat perubahan hormon selama kehamilan. Selain pada ibu hamil, gigi sensitif juga rentan dialami oleh orang lanjut usia.

Produksi air liur juga dapat berkurang seiringnya bertambah usia atau akibat efek samping obat-obatan tertentu, sehingga membuat gigi lebih mudah rusak dan akhirnya memicu munculnya gigi sensitif.

Solusi untuk Mengatasi Gigi Sensitif

Untuk mengatasi gigi kita yang sensitif ringan, kamu bisa menggunakan pasta gigi dengan yang khusus untuk gigi sensitif. Pilih pasta gigi untuk gigi sensitif yang mengandung mineral hydroxyapatite (HAP), potassium citrate, dan zinc citrate.

Dokter Gigi | Berdasarkan hasil penelitian, mineral hydroxyapatite (HAP) dapat sangat membantu memperbaiki email gigi dan juga mempertahankan kekuatan gigi lebih lama. Dalam sebuah uji klinis, pasta gigi yang ada kandungan